06 Maret 2011

PINOPHYTA

Pinophyta merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae). Pinophyta ini dibagi menjadi 4 kelas namun di daerah tropis hanya ditemukan 3 kelas pinophyta yakni Cycadopsida, Coniferopsida dan Gnetopsida. Kelas Cycadopsida diwakili oleh family Cycadaceae yakni Cycas rumpii. Untuk kelas Coniferopsidales diwakili oleh anggota masing-masing familia yakni Podocarpus, Pinus mercusii, Araucaria dan Cupressus. Gnetales diwakili oleh satu spesies yaitu Gnetum gnemon dari family Gnetales

1. Pinus merkusii
Divisio : Pinophyta
Class : Coniferopsida
Ordo : Coniferales
Familia : Pinaceae
Genus : Pinus
Spesies : Pinus mercusii

Pinus mercusii merupakan termasuk ke dalam kelas Coniferopsida dan familia Pinaceae. Pinus ini mempunyai cirri habitusnya adalah pohon berkayu dengan pola percabangan monopodial, tegak, bulat, bercabang, solid (padat). Daun seperti jarum yang panjang dengan duduk daun tersebar dan tepi daun rata. Pinus ini memiliki akar tunggang. Merupakan tumbuhan berumah satu (monocieous) yang artinya alat kelaminnya dalam satu tumbuhan. Alat kelaminnya berupa strobilus, dimana strobilus jantan letaknya di terminal dan beetinanya letaknya aksilaris, biasanya strobilus betina lebih besar daripada yang jantannya. Memiliki jumlah makrofil dan mikrofilnya banyak dengan posisi yang tersebar. Keterbukaan bijinya adalah agak terbuka.




2. Cycas rumpii
Divisio : Pinophyta
Class : Cycadopsida
Ordo : Cycadales
Familia : Cycadaceae
Genus : Cycas
Spesies : Cycas rumpii

Cycas rumpii atau lebih dikenal dengan nama pakis haji adalah anggota dari Cycadopsida. Tanaman ini habitusnya adalah pohon yang berkayu dengan pola percabangan monopodial. Daunnya termasuk daun tunggal partitus dengan tepi yang tak rata dengan duduk daun yang berhadapan. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan berumah dua (dioucieous) dimana alat kelaminya yakni strobilusnya terpisah antara jantan dan betinanya. Kedua strobilus tersebut terletak diterminal dengan strobilus betina lebih besar daripada strobilus jantan. Jumlah makrofil dan mikrofilnya banyak dengan posisi yang spiral dan keterbukaan bijinya terbuka.

3. Cupressus
Divisio : Pinophyta
Class : Coniferopsida
Ordo : Coniferales
Familia : Cupressaceae
Genus : Cupressus
Spesies : Cupressus sp.

Cupressus atau cemara kipas adalah tanaman yang termasuk kedalam kelas Coniferales, familia Cupressaceae. Habitus spesies ini adalah pohon yang berkayu. Tanaman ini memiliki daun yang bentuknya serupa sisik atau daunnya tersusun sangat rapat. termasuk jenis daun yang tunggal dengan tepi daun yang rata dengan duduk daun yang berseling atau roset.daun muda Cupressus ini tak menggulung. Termasuk ke dalam tumbuhan yang berumah satu (monocieous), strobilus terletak dalam satu pohon dan kedua-duanya letaknya aksilaris. Memiliki jumlah mikro dan makrofilnya beberapa dan berkarang. Dilihat dari keterbukaan bijinya, tumbuhan ini termasuk yang agak tertutup.

4. Araucaria sp.
Divisio : Pinophyta
Class : Coniferopsida
Ordo : Coniferales
Familia : Araucariaceae
Genus : Araucaria
Spesies : Araucaria sp.

Araucaria adalah termasuk kedalam kelas Coniferopsida familia Araucariacea yang berhbitus pohon dan memiliki batang yang berkayu dengan pola percabangan monopodial. Daun tumbuhan ini menyerupai jarum sama seperti Pinus namun ukurannya kecil dan pendek dan jenis daunnya tunggal, tepi tidak rata serta memiliki duduk daaun yang bersaeling atau roset. Tumbuhan ini termasuk yang berumah satu karena alat kelamin atau strobilusnya berbeda tempatnya atau beda pohon namun memiliki letak yang sama yakni di bagian terminalnya. Memiliki jumlah mikro dan makrosporofilnya yang banyak dengan letak yang spiral. Memiliki keterbukaannya agak tertutup.

5. Agathis alba
Divisio : Pinophyta
Class : Coniferopsida
Ordo : Coniferales
Familia : Araucariaceae
Genus : Agathis
Spesies : Agathis alba

Agathis alba atau dammar ini satu familia dengan Araucaria namun bila dilihat dari cirri morfologisnya agak berbeda. Tumbuhan ini habitusnya adalah pohon yang berkayu dengan pola percabangan yang monopodial. Daunnya merupakan daun tunggal yang tepi daunnya rata dengan duduk daun yang berhadapan. Merupakan tumbuhan yang berumah dua dimana strobilusnya terpisah antara jantan dan betina. Strobilus jantan dan betina sama-sama di terminal. Strobilus jantan dan betina memiliki makro dan mikrofil yang banyak dengan posisi yang spiral. Memiliki keterbukaan biji yang agak tertutup.

6. Podocarpus polystachus
Divisio : Pinophyta
Class : Coniferopsida
Ordo : Coniferales
Familia : Podocarpaceae
Genus : Podocarpus
Spesies : Podocarpus polystachus

Podocarpus termasuk ke dalam family podocarpaceae kels Coniferopsida. Merupakan tumbuhan yang habitusnya pohon yang berkayu pola percabangan monopodial. Daunnya merupakan daun jenis tunggal dengan tepi yang rata dengan duduk daun yang berkarang serta belum memiliki pola perutalngan daun. Merupakan tumbuhan yang berumah dua dengan strobilus jantan dan betina yang terpisah namun letaknya sama-sama aksilaris (muncul di bagian tunas aksilar). Memiliki jumlah makro dan mikrosporofil yang banyak dengan letaknya yang spiral. Keterbukaan bijinya hampir tertutup.

7. Gnetum gnemon
Divisio : Pinophyta
Class : Gnetalopsida
Ordo : Gnetales
Familia : Gnetaceae
Genus : Gnetum
Spesies : Gnetum gnemon

Gnetum gnemon merupakan satu-satunya contoh yang diamati dalam kelas Gnetopsida. Merupakan tumbuhan yang habitusnya pohon dengan batang yang berkayu serta pola percabangan monopodial. Daunnya jenis tunggal dengan tepi yang rata, duduk daunnya berhadapan serta sudah memiliki pola pertulangan daun. Merupakan tumbuhan yang berumah dua dimana strobilus jantan dan betina terpisah, letak keduanya adalah sama-sama aksilaris. Jumlah mikrosporofi dan makrosporofil banyak dan berkarang. Keterbukaan bijinya sudah hampir tertutup.
Keprimitifan suatu spesies jika dilihat dari hasil pengamatan adalah yang jumlah skornya paling sedikit. Namun pada dasarnya keprimitifan/kemajuan suatu spesies dilihat dari pola percabangannya, keterbukaan bijinya habitusnya atau lebih tepatnya sifatnya lebih mendekati tumbuhan berbiji terbuka. Artinya semakin mendekati sifat tumbuhan berbiji terbuka maka Pinophyta ini sudakh semakin maju. Selain itu juga sifatnya sudah jauh dari tumbuhan paku. Tumbuhan yang sudah memiliki kemajuan adalah yang sudah mempunyai pola pertulangan daun seperti pada Cycas atau pada Gnetum, namun jika dilihat dari keterbukaan bijinya, Podocarpus dan Gnemon memiliki biji yang hampir tertutup yang artinya sudah maju, tapi pada Cycas keterbukaan bijinya adalah terbuka. Jenis kelamin juga berpengaruh dari penilaian maju atau tidaknya tumbuhan ini, yang berjenis kelamin ganda atau berumah satu dianggap lebih primitive daripada yang berumah satu. Untuk penentuan skor keprimitifan/kemajuan tersebut tergantung dari aspek yang diamati, makin besar kemiripannya dengan tumbuhan berbiji tertutup maka poin yang diberikan besar tapi jika lebih mendekati tumbuhan paku maka skornya kecil. Dari hasil pengamatan kami yang paling maju perkembangannya adalah spesies dari familia Gnetaceae yakni Gnetum gnemon karena memiliki skor paling tinggi dan jika dilihat morfologisnya spesies ini sudah mirip seperti tumbuhan berbiji tertutup. Untuk yang paling primitive, kelompok kami mendapatkan skor paling sedikit pada spesies Cycas rumpii. Untuk skor penilaian dan hasilnya dapat dilihat di bagan skala filogeni atau bagan seriasi.


0 komentar: