Perspektif Psikologi Dalam Memahami Perkembangan
Notes on slide
no notes for slide #1
3 Favorites
- Rival W. Budiman at STISI Bandung - Indonesia, favorited this 1 month ago
- citra adelina, student at home, favorited this 1 month ago
- izanmdy favorited this 2 months ago
Perspektif Psikologi Dalam Memahami Perkembangan - Presentation Transcript
- Perspektif Psikologi Dalam Memahami Perkembangan Oleh: Fikri Rasyid, Novianti P, Silvi Fadila Ardhiana
- Perkembangan. Apa itu Perkembangan?
- Perkembangan adalah…
- “ Perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematik (Lefrancois, 1975:197), progresif (Witherington, 1952:57 ), dan berkesinambungan ( Hurlock, 1956:7 ), baik mengenai fisik dan psikis-nya”
- Psikologi. Apa itu Psikologi?
- Psikologi, menurut Wikipedia
- “ An academic & Applied discipline involving to phenomological and scientific study of mental processes and behaviour”
- http://en.wikipedia.org/wiki/Psychology
- Psikologi, menurut Soedjono D, SH (dalam bukunya Pengantar Psikologi untuk Studi Ilmu Hukum & Kemasyarakatan )
- Ilmu pengetahuan mengenai jiwa yang diperoleh secara sistematis dengan metoda-metoda ilmiah yang memenuhi syarat-syarat nya seperti yang dimufakati sarjana-sarjana psikologi pada zaman sekarang ini”
- Perspektif psikologi dalam memahami perkembangan
- 4 Perspektif Psikologi dalam Memahami Perkembangan
- Perspektif Biologis
- Perspektif Kognitif
- Perspektif Behaviourisme
- Perspektif Phenomenalogis/Humanisme
- Perspektif Kognitif
- Dikemukakan oleh..
- Jean Piaget
- (1896-1980), Psikolog asal swiss yang terkenal karena studinya akan anak-anak.
- Perspektif Kognitif
- “ Tingkat kecerdasan, perkembangan bahasa, kreatif serta kemampuan berfikir kritis dan keahlian menyelesaikan masalah”
- Perkembangan Berdasarkan Perspektif Kognitif
- Schemata muncul ketika seseorang memperoleh cara baru
- Kemampuan kognitif muncul dari tindakan yang termotivasi dengan sendirinya terhadap lingkungan
- Aplikasi Perspektif Kognitif Dalam Pendidikan
- Guru memahami kemampuan murid
- Guru memberikan pelajaran berdasarkan kemampuan murid
- Murid lebih cepat menangkap
- Perbedaan Perspektif Kognitif Dengan Perspektif Lain
- Memberikan pengajaran sesuai dengan level peserta didik
- Perspektif Biologis
- Perspektif Biologis:
- “ Paham yang memandang bahwa perkembangan manusia terkait dengan perkembangan biologisnya”
- Perkembangan Berdasarkan Perspektif Biologis
- Umumnya digunakan untuk mengukur perkembangan fisik
- Standar merupakan hasil riset yang berupa “rata-rata”
- Ada standar yang diikuti.
- Aplikasi Perspektif Biologis Dalam Pendidikan
- Standar kompetensi yang menjadi target perserta didik berdasarkan usia
- Perbedaan Perspektif Biologis Dengan Perspektif Lainnya
- lebih menekankan kepada “standar” yang menjadi patokan perkembangan
- Perspektif Behaviourisme
- Dikemukakan oleh:
- John Broades Watson
- Mempelajari ilmu filsafat dan dikenal sebagai ilmuwan & melakukan penyelidikan tentang psikologi, profesor dalam psikologi eksperimental & komparatif
- Pendiri aliran behaviourisme
- Perspektif Behaviourisme?
- “ Paham yang sangat percaya bahwa segala tingkah laku manusia adalah hasil dari pembelajaran. Manusia dilahirkan dengan sejumlah refleks yang terbatas. Sedangkan belajar adalah hasil dari pengkondisian reflek-reflek tersebut.”
- Perkembangan Berdasarkan Perspektif Behaviourisme
- Hasil belajar terlihat dari perubahan tingkah laku
- Perubahan dapat diamati atau diukur
- Perkembangan terjadi (sebagian besar) karena lingkungan
- Aplikasi Perspektif Behaviourisme Dalam Pendidikan
- Guru memberi latihan
- Berulang-ulang
- Siswa terlatih karena latihan berulang
- Perbedaan Perspektif Behaviourisme dengan perspektif lain
- Menekankan faktor ekstern sebagai sumber perilaku manusia
- Perspektif Humanisme
- Dikemukakan oleh…
- Carl Ransom Roger
- Abraham Maslow
- Perspektif Humanisme
- “ Paham dimana kebutuhan, kepentingan, dan kepuasan manusia menjadi hal yang utama bahkan lebih utama”
- Perkembangan di Pandang Dari Perspektif Humanisme
- Memahami karakteristik masing-masing individu
- Kemampuan individu untuk menentukan masa depan
- Kemampuan individu untuk menyelesaikan masalah
- Kemampuan individu untuk menciptakan kondisi yang dia inginkan
- Aplikasi Perspektif Humanisme Dalam Pendidikan
- Pengajar harus memahami kemampuan siswanya
- Tidak mem-”bodoh”kan siswanya
- Menerima pendapat siswanya
- Mendorong siswanya mencapai prestasi yang optimal
- Perbedaan Perspektif Humanisme Dengan Perspektif Lain
- Menekankan pilihan seseorang dalam menentukan pengembangan potensi dirinya
- That’s All! Have a Question? Thank You For Your Attention.
5 comments
Comments 1 - 5 of 5 previous next Post a comment