06 Oktober 2009

Perspektif psikologi dalam memahami perkembangan

Perspektif Psikologi Dalam Memahami Perkembangan

5 comments

Comments 1 - 5 of 5 Post a comment

Post a comment
Embed Video
Edit your comment Cancel

Notes on slide 1

no notes for slide #1

3 Favorites

Perspektif Psikologi Dalam Memahami Perkembangan - Presentation Transcript

  1. Perspektif Psikologi Dalam Memahami Perkembangan Oleh: Fikri Rasyid, Novianti P, Silvi Fadila Ardhiana
  2. Perkembangan. Apa itu Perkembangan?
  3. Perkembangan adalah…
    • “ Perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematik (Lefrancois, 1975:197), progresif (Witherington, 1952:57 ), dan berkesinambungan ( Hurlock, 1956:7 ), baik mengenai fisik dan psikis-nya”
  4. Psikologi. Apa itu Psikologi?
  5. Psikologi, menurut Wikipedia
    • “ An academic & Applied discipline involving to phenomological and scientific study of mental processes and behaviour”
    • http://en.wikipedia.org/wiki/Psychology
  6. Psikologi, menurut Soedjono D, SH (dalam bukunya Pengantar Psikologi untuk Studi Ilmu Hukum & Kemasyarakatan )
    • Ilmu pengetahuan mengenai jiwa yang diperoleh secara sistematis dengan metoda-metoda ilmiah yang memenuhi syarat-syarat nya seperti yang dimufakati sarjana-sarjana psikologi pada zaman sekarang ini”
  7. Perspektif psikologi dalam memahami perkembangan
  8. 4 Perspektif Psikologi dalam Memahami Perkembangan
    • Perspektif Biologis
    • Perspektif Kognitif
    • Perspektif Behaviourisme
    • Perspektif Phenomenalogis/Humanisme
  9. Perspektif Kognitif
  10. Dikemukakan oleh..
    • Jean Piaget
    • (1896-1980), Psikolog asal swiss yang terkenal karena studinya akan anak-anak.
  11. Perspektif Kognitif
    • “ Tingkat kecerdasan, perkembangan bahasa, kreatif serta kemampuan berfikir kritis dan keahlian menyelesaikan masalah”
  12. Perkembangan Berdasarkan Perspektif Kognitif
    • Schemata muncul ketika seseorang memperoleh cara baru
    • Kemampuan kognitif muncul dari tindakan yang termotivasi dengan sendirinya terhadap lingkungan
  13. Aplikasi Perspektif Kognitif Dalam Pendidikan
    • Guru memahami kemampuan murid
    • Guru memberikan pelajaran berdasarkan kemampuan murid
    • Murid lebih cepat menangkap
  14. Perbedaan Perspektif Kognitif Dengan Perspektif Lain
    • Memberikan pengajaran sesuai dengan level peserta didik
  15. Perspektif Biologis
  16. Perspektif Biologis:
    • “ Paham yang memandang bahwa perkembangan manusia terkait dengan perkembangan biologisnya”
  17. Perkembangan Berdasarkan Perspektif Biologis
    • Umumnya digunakan untuk mengukur perkembangan fisik
    • Standar merupakan hasil riset yang berupa “rata-rata”
    • Ada standar yang diikuti.
  18. Aplikasi Perspektif Biologis Dalam Pendidikan
    • Standar kompetensi yang menjadi target perserta didik berdasarkan usia
  19. Perbedaan Perspektif Biologis Dengan Perspektif Lainnya
    • lebih menekankan kepada “standar” yang menjadi patokan perkembangan
  20. Perspektif Behaviourisme
  21. Dikemukakan oleh:
    • John Broades Watson
    • Mempelajari ilmu filsafat dan dikenal sebagai ilmuwan & melakukan penyelidikan tentang psikologi, profesor dalam psikologi eksperimental & komparatif
    • Pendiri aliran behaviourisme
  22. Perspektif Behaviourisme?
    • “ Paham yang sangat percaya bahwa segala tingkah laku manusia adalah hasil dari pembelajaran. Manusia dilahirkan dengan sejumlah refleks yang terbatas. Sedangkan belajar adalah hasil dari pengkondisian reflek-reflek tersebut.”
  23. Perkembangan Berdasarkan Perspektif Behaviourisme
    • Hasil belajar terlihat dari perubahan tingkah laku
    • Perubahan dapat diamati atau diukur
    • Perkembangan terjadi (sebagian besar) karena lingkungan
  24. Aplikasi Perspektif Behaviourisme Dalam Pendidikan
    • Guru memberi latihan
    • Berulang-ulang
    • Siswa terlatih karena latihan berulang
  25. Perbedaan Perspektif Behaviourisme dengan perspektif lain
    • Menekankan faktor ekstern sebagai sumber perilaku manusia
  26. Perspektif Humanisme
  27. Dikemukakan oleh…
    • Carl Ransom Roger
    • Abraham Maslow
  28. Perspektif Humanisme
    • “ Paham dimana kebutuhan, kepentingan, dan kepuasan manusia menjadi hal yang utama bahkan lebih utama”
  29. Perkembangan di Pandang Dari Perspektif Humanisme
    • Memahami karakteristik masing-masing individu
    • Kemampuan individu untuk menentukan masa depan
    • Kemampuan individu untuk menyelesaikan masalah
    • Kemampuan individu untuk menciptakan kondisi yang dia inginkan
  30. Aplikasi Perspektif Humanisme Dalam Pendidikan
    • Pengajar harus memahami kemampuan siswanya
    • Tidak mem-”bodoh”kan siswanya
    • Menerima pendapat siswanya
    • Mendorong siswanya mencapai prestasi yang optimal
  31. Perbedaan Perspektif Humanisme Dengan Perspektif Lain
    • Menekankan pilihan seseorang dalam menentukan pengembangan potensi dirinya
  32. That’s All! Have a Question? Thank You For Your Attention. 

0 komentar: