Aku mencintaimu tatkala matahari meninggalkan bumi ini dan kegelapan menjadi penggantinya. Pendidikan Biologi upi 2009
Pages
30 Oktober 2009
ASUMSI DALAM BIOLOGI


15 Oktober 2009
Psikologi Remaja, Karakteristik dan Permasalahannya

Masa yang paling indah adalah masa remaja.
Masa yang paling menyedihkan adalah masa remaja.
Masa yang paling ingin dikenang adalah masa remaja.
Masa yang paling ingin dilupakan adalah masa remaja.
Remaja
Menurut Hurlock (1981) remaja adalah mereka yang berada pada usia 12-18 tahun. Monks, dkk (2000) memberi batasan usia remaja adalah 12-21 tahun. Menurut Stanley Hall (dalam Santrock, 2003) usia remaja berada pada rentang 12-23 tahun. Berdasarkan batasan-batasan yang diberikan para ahli, bisa dilihat bahwa mulainya masa remaja relatif sama, tetapi berakhirnya masa remaja sangat bervariasi. Bahkan ada yang dikenal juga dengan istilah remaja yang diperpanjang, dan remaja yang diperpendek.
Remaja adalah masa yang penuh dengan permasalahan. Statemen ini sudah dikemukakan jauh pada masa lalu yaitu di awal abad ke-20 oleh Bapak Psikologi Remaja yaitu Stanley Hall. Pendapat Stanley Hall pada saat itu yaitu bahwa masa remaja merupakan masa badai dan tekanan (storm and stress) sampai sekarang masih banyak dikutip orang.
Menurut Erickson masa remaja adalah masa terjadinya krisis identitas atau pencarian identitas diri. Gagasan Erickson ini dikuatkan oleh James Marcia yang menemukan bahwa ada empat status identitas diri pada remaja yaitu identity diffusion/ confussion, moratorium, foreclosure, dan identity achieved (Santrock, 2003, Papalia, dkk, 2001, Monks, dkk, 2000, Muss, 1988). Karakteristik remaja yang sedang berproses untuk mencari identitas diri ini juga sering menimbulkan masalah pada diri remaja.
Gunarsa (1989) merangkum beberapa karakteristik remaja yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan pada diri remaja, yaitu:
Kecanggungan dalam pergaulan dan kekakuan dalam gerakan.
Ketidakstabilan emosi.
Adanya perasaan kosong akibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup.
Adanya sikap menentang dan menantang orang tua.
Pertentangan di dalam dirinya sering menjadi pangkal penyebab pertentangan-pertentang dengan orang tua.
Kegelisahan karena banyak hal diinginkan tetapi remaja tidak sanggup memenuhi semuanya.
Senang bereksperimentasi.
Senang bereksplorasi.
Mempunyai banyak fantasi, khayalan, dan bualan.
Kecenderungan membentuk kelompok dan kecenderungan kegiatan berkelompok.
Berdasarkan tinjauan teori perkembangan, usia remaja adalah masa saat terjadinya perubahan-perubahan yang cepat, termasuk perubahan fundamental dalam aspek kognitif, emosi, sosial dan pencapaian (Fagan, 2006). Sebagian remaja mampu mengatasi transisi ini dengan baik, namun beberapa remaja bisa jadi mengalami penurunan pada kondisi psikis, fisiologis, dan sosial. Beberapa permasalahan remaja yang muncul biasanya banyak berhubungan dengan karakteristik yang ada pada diri remaja. Berikut ini dirangkum beberapa permasalahan utama yang dialami oleh remaja.
Permasalahan Fisik dan Kesehatan
Permasalahan akibat perubahan fisik banyak dirasakan oleh remaja awal ketika mereka mengalami pubertas. Pada remaja yang sudah selesai masa pubertasnya (remaja tengah dan akhir) permasalahan fisik yang terjadi berhubungan dengan ketidakpuasan/ keprihatinan mereka terhadap keadaan fisik yang dimiliki yang biasanya tidak sesuai dengan fisik ideal yang diinginkan. Mereka juga sering membandingkan fisiknya dengan fisik orang lain ataupun idola-idola mereka. Permasalahan fisik ini sering mengakibatkan mereka kurang percaya diri. Levine & Smolak (2002) menyatakan bahwa 40-70% remaja perempuan merasakan ketidakpuasan pada dua atau lebih dari bagian tubuhnya, khususnya pada bagian pinggul, pantat, perut dan paha. Dalam sebuah penelitian survey pun ditemukan hampir 80% remaja ini mengalami ketidakpuasan dengan kondisi fisiknya (Kostanski & Gullone, 1998). Ketidakpuasan akan diri ini sangat erat kaitannya dengan distres emosi, pikiran yang berlebihan tentang penampilan, depresi, rendahnya harga diri, onset merokok, dan perilaku makan yang maladaptiv (& Shaw, 2003; Stice & Whitenton, 2002). Lebih lanjut, ketidakpuasan akan body image ini dapat sebagai pertanda awal munculnya gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia (Polivy & Herman, 1999; Thompson et al).
Dalam masalah kesehatan tidak banyak remaja yang mengalami sakit kronis. Problem yang banyak terjadi adalah kurang tidur, gangguan makan, maupun penggunaan obat-obatan terlarang. Beberapa kecelakaan, bahkan kematian pada remaja penyebab terbesar adalah karakteristik mereka yang suka bereksperimentasi dan berskplorasi.
Permasalahan Alkohol dan Obat-Obatan Terlarang
Penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan. Walaupun usaha untuk menghentikan sudah digalakkan tetapi kasus-kasus penggunaan narkoba ini sepertinya tidak berkurang. Ada kekhasan mengapa remaja menggunakan narkoba/ napza yang kemungkinan alasan mereka menggunakan berbeda dengan alasan yang terjadi pada orang dewasa. Santrock (2003) menemukan beberapa alasan mengapa remaja mengkonsumsi narkoba yaitu karena ingin tahu, untuk meningkatkan rasa percaya diri, solidaritas, adaptasi dengan lingkungan, maupun untuk kompensasi.
Pengaruh sosial dan interpersonal: termasuk kurangnya kehangatan dari orang tua, supervisi, kontrol dan dorongan. Penilaian negatif dari orang tua, ketegangan di rumah, perceraian dan perpisahan orang tua.
Pengaruh budaya dan tata krama: memandang penggunaan alkohol dan obat-obatan sebagai simbol penolakan atas standar konvensional, berorientasi pada tujuan jangka pendek dan kepuasan hedonis, dll.
Pengaruh interpersonal: termasuk kepribadian yang temperamental, agresif, orang yang memiliki lokus kontrol eksternal, rendahnya harga diri, kemampuan koping yang buruk, dll.
Cinta dan Hubungan Heteroseksual
Permasalahan Seksual
Hubungan Remaja dengan Kedua Orang Tua
Permasalahan Moral, Nilai, dan Agama
Lain halnya dengan pendapat Smith & Anderson (dalam Fagan,2006), menurutnya kebanyakan remaja melakukan perilaku berisiko dianggap sebagai bagian dari proses perkembangan yang normal. Perilaku berisiko yang paling sering dilakukan oleh remaja adalah penggunaan rokok, alkohol dan narkoba (Rey, 2002). Tiga jenis pengaruh yang memungkinkan munculnya penggunaan alkohol dan narkoba pada remaja:
Salah satu akibat dari berfungsinya hormon gonadotrofik yang diproduksi oleh kelenjar hypothalamus adalah munculnya perasaan saling tertarik antara remaja pria dan wanita. Perasaan tertarik ini bisa meningkat pada perasaan yang lebih tinggi yaitu cinta romantis (romantic love) yaitu luapan hasrat kepada seseorang atau orang yang sering menyebutnya “jatuh cinta”.
Santrock (2003) mengatakan bahwa cinta romatis menandai kehidupan percintaan para remaja dan juga merupakan hal yang penting bagi para siswa. Cinta romantis meliputi sekumpulan emosi yang saling bercampur seperti rasa takut, marah, hasrat seksual, kesenangan dan rasa cemburu. Tidak semua emosi ini positif. Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh Bercheid & Fei ditemukan bahwa cinta romantis merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami depresi dibandingkan dengan permasalahan dengan teman.
Tipe cinta yang lain adalah cinta kasih sayang (affectionate love) atau yang sering disebut cinta kebersamaan yaitu saat muncul keinginan individu untuk memiliki individu lain secara dekat dan mendalam, dan memberikan kasih sayang untuk orang tersebut. Cinta kasih sayang ini lebih menandai masa percintaan orang dewasa daripada percintaan remaja.
Dengan telah matangnya organ-organ seksual pada remaja maka akan mengakibatkan munculnya dorongan-dorongan seksual. Problem tentang seksual pada remaja adalah berkisar masalah bagaimana mengendalikan dorongan seksual, konflik antara mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan, adanya “ketidaknormalan” yang dialaminya berkaitan dengan organ-organ reproduksinya, pelecehan seksual, homoseksual, kehamilan dan aborsi, dan sebagainya (Santrock, 2003, Hurlock, 1991).
Diantara perubahan-perubahan yang terjadi pada masa remaja yang dapat mempengaruhi hubungan orang tua dengan remaja adalah : pubertas, penalaran logis yang berkembang, pemikiran idealis yang meningkat, harapan yang tidak tercapai, perubahan di sekolah, teman sebaya, persahabatan, pacaran, dan pergaulan menuju kebebasan.
Beberapa konflik yang biasa terjadi antara remaja dengan orang tua hanya berkisar masalah kehidupan sehari-hari seperti jam pulang ke rumah, cara berpakaian, merapikan kamar tidur. Konflik-konflik seperti ini jarang menimbulkan dilema utama dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan terlarang maupun kenakalan remaja.
Beberapa remaja juga mengeluhkan cara-cara orang tua memperlakukan mereka yang otoriter, atau sikap-sikap orang tua yang terlalu kaku atau tidak memahami kepentingan remaja.
Akhir-akhir ini banyak orang tua maupun pendidik yang merasa khawatir bahwa anak-anak mereka terutama remaja mengalami degradasi moral. Sementara remaja sendiri juga sering dihadapkan pada dilema-dilema moral sehingga remaja merasa bingung terhadap keputusan-keputusan moral yang harus diambilnya. Walaupun di dalam keluarga mereka sudah ditanamkan nilai-nilai, tetapi remaja akan merasa bingung ketika menghadapi kenyataan ternyata nilai-nilai tersebut sangat berbeda dengan nilai-nilai yang dihadapi bersama teman-temannya maupun di lingkungan yang berbeda.
Pengawasan terhadap tingkah laku oleh orang dewasa sudah sulit dilakukan terhadap remaja karena lingkungan remaja sudah sangat luas. Pengasahan terhadap hati nurani sebagai pengendali internal perilaku remaja menjadi sangat penting agar remaja bisa mengendalikan perilakunya sendiri ketika tidak ada orang tua maupun guru dan segera menyadari serta memperbaiki diri ketika dia berbuat salah.
Dari beberapa bukti dan fakta tentang remaja, karakteristik dan permasalahan yang menyertainya, semoga dapat menjadi wacana bagi orang tua untuk lebih memahami karakteristik anak remaja mereka dan perubahan perilaku mereka. Perilaku mereka kini tentunya berbeda dari masa kanak-kanak. Hal ini terkadang yang menjadi stressor tersendiri bagi orang tua. Oleh karenanya, butuh tenaga dan kesabaran ekstra untuk benar-benar mempersiapkan remaja kita kelak menghadapi masa dewasanya.
REFERENSI :
Choate, L.H. (2007). Counseling Adolescent Girls for Body Image Resilience: Strategi for School Counselors. Profesional School Counseling. Alexandria: Feb 2007. Vol. 10, Iss. 3; pg. 317, 10 pgs. Diakses melalui http://ezproxy.match.edu/menu pada 9 Mei 2008
Fagan, R. (2006). Counseling and Treating Adolescents with Alcohol and Other Substance Use Problems and their Family. The Family Journal: Counseling therapy For Couples and Families. Vol.14. No.4.326-333. Sage Publication diakses melalui http://tfj.sagepub.com/cgi/reprint/14/4/326 pada 18 April 2008
Gunarsa, S. D. (1989). PsikologiPperkembangan: Anak dan Remaja. Jakarta: BPK. Gunung Mulia.
Hurlock, E.B. (1991). Psikolgi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta : Penerbit Erlangga.
Mongks, F. J. , Knoers, A. M. P. , & Haditono, S. R. (2000). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Muss, R. E. , Olds, S. W. , & Fealdman (2001). Human Developmen. Boston: McGraw-Hill Companies.
Rey, J. (2002). More than Just The Blues: Understanding Serious Teenage Problems. Sydney: Simon & Schuster.
Rini, J.F. (2004). Mencemaskan Penampilan. Diakses dari e-psikologi.com pada tanggal 22 April 2006.
Santrok, J. W. (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja). Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Setiono, L.H. (2002). Beberapa Permasalahan Remaja. Diakses dari www.e-psikologi.com pada tanggal 22 April 2006.
Tambunan, R. (2001). Diakses dari www.e-psikologi.com pada tanggal 22 April 2006.
Mitos-mitos Seputar “Gak Bakal Hamil”. Diakses dari www.e-psikologi.com pada tanggal 22 April 2006.
Kredit Foto: inmagine.com


Cara Download e Books dari Books.Google
Cara Download e Books dari Books.Google
Seperti pada hari-hari biasanya, minggu-minggu ini isi dari blogku berisi keluhan atau sekedar catatan pribadi tentang kegiatan kuliah dan praktikum serta laporan yang tak kian kunjung aku selesaikan. Ayo semangaaaaaaaatttt….!!!Hari ini dapat tugas pendahuluan Praktikum Mesin Elektrik, Tugasnya suruh buat essay tentang berikut ini :
Pokonya intinya pada licensi buku, memang sih sebuah harga lisensi sangatlah mahal.
Tapi tenang ada cara mengakali downloadnya kok. Langsung aja yach.. dah lumayan sore nih. dah mau pulang ke kosan dulu.
1. Buka Internet Explorer (Kali ini ga bisa pake Firefox). Pastikan menggunkan account admin di komputer. Kemudian buka halaman books.google.com yang ingin kamu download.
2. Sekarang, buka explorer di komputer anda “C:\\Documents and Settings\\%your admin name%\\Local Settings\\Temporary Internet Files\\” . Delete semua file yang ada didalamnya tanpa terkecuali.
3. Kembali lagi ke halaman Internet Explorer, refresh halaman dengan menekan F5 pada e-book yang akan anda download. Buka semua halaman e-book dengan scrool dari cover sampai halam terakhir.
4. Refresh folder “Temporary Internet Files” folder. Copy semua file PNG ke folder lain
Sekarang udah selesai download e-booknya.
Semoga membantu nich..
Masih bingung atau kesulitan ?
Tinggalin di koment aja ntar kalo bisa ya di jawab..Oke
dah dulu ach dah magrib, pulang dulu ya mau mandi..
Thanks……By : Bembenk
Note : Untuk cara baru dapat dilihat pada postingan Cara Download e Books dari Books.Google : Update
Posting Yang Masih Berhubungan:
- Cara Download e Books dari Books.Google : Update Menambahkan sebuah cara mendownload ebook dari http://books.google.com/ yang cara sebelumnya...
- Google Chrome, Browser Terobosan Terbaru dari Google Terobosan terbaru dari google yaitu peluncuran Browser Google Crome...
- Panduan SEO untuk Pemula dari Google Search Engine Optimization Starter Guide atau Panduan SEO untuk Pemula...
- THR dari Google dan Alexa Mudik ke kampung halaman di Belitang, OKU Timur beramai-ramai dengan...
- Google PageRank dan Cara Meningkatkan PageRank Setelah selesai menyelesaikan tugas yaitu ngerjain PR 10, sebenarnya siapa...
- Optimasi SEO cara Google Melakukan suatu optimasi SEO pada suatu blog adalah hal sangat...
- Internet Download Manager v5.18 Terbaru Versi terbaru Internet Download Manager yaitu v5.18 . Program ini...
- Download Panduan SPMB 2007 Berikut adalah beberapa berkas yang dapat Anda download : Buku...
- Cara Survey dan Dapet $ 50 dari AwSurvey.com : Bukan Scam Awsurvey merupakan program yang di luncurkan sebagai tempat sebuah survey...
- 2008 – Download Music MP3 Dari Multiply.com Mulai awal tahun ini Multiply.com men-disable-kan fasilitas download file MP3....


06 Oktober 2009
Tentang Sebuah Janji
Ribuan puisi telah kurangkai untuk ungkapkan cinta.
Hingga terasa tiada makna lagi yang dapat kusarikan dari sebuah kata.
Mungkin telah habis imajinasi untuk memuja.
Tidak ada lagi yang dapat kutulis di atas meja.
Selain sebait kalimat yang terasa hampa.
Tapi tidak akan mungkin pernah kulupa.
Biar kutulis kembali janji yang terucap saat kita bertemu.
Sebuah janji jika di sepanjang hidupku aku akan mencintaimu.


Perspektif psikologi dalam memahami perkembangan
Perspektif Psikologi Dalam Memahami Perkembangan
Notes on slide 1
no notes for slide #1
no notes for slide #1
3 Favorites
-
Rival W. Budiman at STISI Bandung - Indonesia, favorited this 1 month ago
-
citra adelina, student at home, favorited this 1 month ago
-
izanmdy favorited this 2 months ago
Perspektif Psikologi Dalam Memahami Perkembangan - Presentation Transcript
- Perspektif Psikologi Dalam Memahami Perkembangan Oleh: Fikri Rasyid, Novianti P, Silvi Fadila Ardhiana
- Perkembangan. Apa itu Perkembangan?
- Perkembangan adalah…
- “ Perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya yang berlangsung secara sistematik (Lefrancois, 1975:197), progresif (Witherington, 1952:57 ), dan berkesinambungan ( Hurlock, 1956:7 ), baik mengenai fisik dan psikis-nya”
- Psikologi. Apa itu Psikologi?
- Psikologi, menurut Wikipedia
- “ An academic & Applied discipline involving to phenomological and scientific study of mental processes and behaviour”
- http://en.wikipedia.org/wiki/Psychology
- Psikologi, menurut Soedjono D, SH (dalam bukunya Pengantar Psikologi untuk Studi Ilmu Hukum & Kemasyarakatan )
- Ilmu pengetahuan mengenai jiwa yang diperoleh secara sistematis dengan metoda-metoda ilmiah yang memenuhi syarat-syarat nya seperti yang dimufakati sarjana-sarjana psikologi pada zaman sekarang ini”
- Perspektif psikologi dalam memahami perkembangan
- 4 Perspektif Psikologi dalam Memahami Perkembangan
- Perspektif Biologis
- Perspektif Kognitif
- Perspektif Behaviourisme
- Perspektif Phenomenalogis/Humanisme
- Perspektif Kognitif
- Dikemukakan oleh..
- Jean Piaget
- (1896-1980), Psikolog asal swiss yang terkenal karena studinya akan anak-anak.
- Perspektif Kognitif
- “ Tingkat kecerdasan, perkembangan bahasa, kreatif serta kemampuan berfikir kritis dan keahlian menyelesaikan masalah”
- Perkembangan Berdasarkan Perspektif Kognitif
- Schemata muncul ketika seseorang memperoleh cara baru
- Kemampuan kognitif muncul dari tindakan yang termotivasi dengan sendirinya terhadap lingkungan
- Aplikasi Perspektif Kognitif Dalam Pendidikan
- Guru memahami kemampuan murid
- Guru memberikan pelajaran berdasarkan kemampuan murid
- Murid lebih cepat menangkap
- Perbedaan Perspektif Kognitif Dengan Perspektif Lain
- Memberikan pengajaran sesuai dengan level peserta didik
- Perspektif Biologis
- Perspektif Biologis:
- “ Paham yang memandang bahwa perkembangan manusia terkait dengan perkembangan biologisnya”
- Perkembangan Berdasarkan Perspektif Biologis
- Umumnya digunakan untuk mengukur perkembangan fisik
- Standar merupakan hasil riset yang berupa “rata-rata”
- Ada standar yang diikuti.
- Aplikasi Perspektif Biologis Dalam Pendidikan
- Standar kompetensi yang menjadi target perserta didik berdasarkan usia
- Perbedaan Perspektif Biologis Dengan Perspektif Lainnya
- lebih menekankan kepada “standar” yang menjadi patokan perkembangan
- Perspektif Behaviourisme
- Dikemukakan oleh:
- John Broades Watson
- Mempelajari ilmu filsafat dan dikenal sebagai ilmuwan & melakukan penyelidikan tentang psikologi, profesor dalam psikologi eksperimental & komparatif
- Pendiri aliran behaviourisme
- Perspektif Behaviourisme?
- “ Paham yang sangat percaya bahwa segala tingkah laku manusia adalah hasil dari pembelajaran. Manusia dilahirkan dengan sejumlah refleks yang terbatas. Sedangkan belajar adalah hasil dari pengkondisian reflek-reflek tersebut.”
- Perkembangan Berdasarkan Perspektif Behaviourisme
- Hasil belajar terlihat dari perubahan tingkah laku
- Perubahan dapat diamati atau diukur
- Perkembangan terjadi (sebagian besar) karena lingkungan
- Aplikasi Perspektif Behaviourisme Dalam Pendidikan
- Guru memberi latihan
- Berulang-ulang
- Siswa terlatih karena latihan berulang
- Perbedaan Perspektif Behaviourisme dengan perspektif lain
- Menekankan faktor ekstern sebagai sumber perilaku manusia
- Perspektif Humanisme
- Dikemukakan oleh…
- Carl Ransom Roger
- Abraham Maslow
- Perspektif Humanisme
- “ Paham dimana kebutuhan, kepentingan, dan kepuasan manusia menjadi hal yang utama bahkan lebih utama”
- Perkembangan di Pandang Dari Perspektif Humanisme
- Memahami karakteristik masing-masing individu
- Kemampuan individu untuk menentukan masa depan
- Kemampuan individu untuk menyelesaikan masalah
- Kemampuan individu untuk menciptakan kondisi yang dia inginkan
- Aplikasi Perspektif Humanisme Dalam Pendidikan
- Pengajar harus memahami kemampuan siswanya
- Tidak mem-”bodoh”kan siswanya
- Menerima pendapat siswanya
- Mendorong siswanya mencapai prestasi yang optimal
- Perbedaan Perspektif Humanisme Dengan Perspektif Lain
- Menekankan pilihan seseorang dalam menentukan pengembangan potensi dirinya
- That’s All! Have a Question? Thank You For Your Attention.


KLIK DAPET UANG!!!
Entri Populer
-
Alhamdulilah aku Masuk TAHAP II PARAMADINA . ..HOHOHOH...............lUMAYAN buAT hIBURAN!!!! **** 151 Hardiyanti Hidayat SMA N 1 Subang Jaw...
-
Berdasarkan penelitian yang telah k ami lakukan, kami dapat mengambil nilai-nilai yang terkandung d...
-
PUISI CINTA Tentang Sebuah Janji Ribuan puisi telah kurangkai untuk ungkapkan cinta. Hingga terasa tiada makna lagi yang dapat kusarikan dar...
-
7 ALASAN MENCELA DIRI Tujuh kali aku pernah mencela jiwaku, pertama kali ketika aku melihatnya lem...
Blog Archive
*****Moe Yanti Cantik *****
Total Tayangan Halaman
Link Teman
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
Hardiyanti Hidayat S.Si

JICA FPMIPA

Model
Mengenai Saya

- Moeyanti
- Bandung, Jawa Barat, Indonesia
- Q Cewe Simple yang ga neko2...Manis,Putih,dan suka Browsing....Skarang lagi ibuk dengan Kuliah di UPI...angkatan 2009.
5 comments
Comments 1 - 5 of 5 previous next Post a comment